Wednesday , 29 June 2022
Breaking News
Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

Langkah Praktis Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

Beragam informasi mengenai cara membuat aplikasi berbasis web dewasa ini banyak diincar oleh kaum milenial, seperti informasi yang akan dijelaskan berikut ini.

Membaca beberapa langkah praktis cara membuat aplikasi berbasis web menjadi sesuatu hal yang bermanfaat saat ini. Ditengah perkembangan teknologi digital yang kian pesat, daya dukung pengembangan aplikasi pun kian mencapai puncak suksesnya. Berbagai kalangan mulai dari kaum muda hingga dewasa turut berperan aktif dalam menyukseskan digitalisasi dalam segala aspek. Sebagai kaum milenial Anda tentu sudah tidak asing dengan beragam jenis aplikasi yang tersedia saat ini. Namun, untuk mencoba membuatnya sudahkah terfikirkan sebelumnya? Jika belum, mari simak penjelasan berikut mengenai cara membuat aplikasi yang berbasis web secara sederhana.

4 Langkah Praktis Membuat Aplikasi Berbasis Web

Perkembangan teknologi selalu diiringi dengan adanya inovasi baru dalam merancang sebuah aplikasi. Harapannya aplikasi-aplikasi tersebut dapat mempermudah ruang gerak kaum milenial untuk mengembangkan ide-ide maupun untuk mencapai efektivitas kinerja. Untuk bisa mencapai hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan rinci mengenai beberapa langkah praktis cara membuat aplikasi berbasis web seperti berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara membuat aplikasi berbasis yang web, Anda diharuskan untuk melakukan persiapan awal terlebih dahulu. Adapun beberapa hal yang harus Anda persiapkan meliputi HTML atau Hypertext Markup Language, Javascrips atau sejenis bahasa pemrograman, CSS yakni sebuah rules yang digunakan untuk mengembangkan web yang Anda buat, Jquery, twitter bootstrap, web browser, dan terakhir adalah teks editor. Semua persiapan tersebut harus Anad penuhi terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan pembuatan aplikasi berbasis web lokal yang mempunyai fitur utama lihat data, tambah data, hapus data dan edit data.

Membangun Kerangka Aplikasi

Jika semua hal cara membuat aplikasi berbasis web tersebut sudah Anda persiapkan, selanjutnya Anda dapat mulai membangun kerangka awal aplikasi. Agar kerangka aplikasi dapat mudah dibuat, Anda diharuskan untuk membuat dua buah folder dengan file name yang berbeda. Untuk folder pertama diisi file html meliputi html 5, javascript dan CSS. Sedangkan untuk satu folder lainnya berisi file twitter bootstrap dan jquery yang baru bisa dibuat setelah Anda menyelesaikan proses script daru file yang ada di folder pertama.

Membuat Form dan Navigasi Pada Aplikasi

Selanjutnya Anda dapat membuat dua form baru yang berisi form tambah data dan edit data. Kedua form tersebut dibuat dengan cara melakukan skrip pada beberapa bagian seperti bagian tambah data, edit data, menu dan judul maupun bagian lainnya. Hal yang perlu Anda tekankan disini adalah Anda harus benar-benar paham bahasa pemrograman. Jika Anda kurang memahami hal tersebut, maka besar kemungkinan aplikasi yang akan Anda buat gagal sebelum resmi dipergunakan.

Membuat Beberapa Fungsi Menu

Apabila Anda telah berhasil melewati tahapan-tahapan tersebut, selanjutnya Anda dapat membuat beberapa fitur utama sesuai keinginan Anda. Pada tahapan ini Anda pun diharuskan untuk melakukan uji coba sekaligus evaluasi atas aplikasi tersebut. Jika dirasa terdapat beberapa part yang kurang atau belum sesuai dengan keinginan Anda, silakan Anda cek ulang sesuai dengan tahapan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Itu dia beberapa langkah praktis cara membuat aplikasi berbasis web yang bisa Anda jadikan referensi. Meski dalam prosesnya memerlukan adanya pengetahuan lebih tentang javascript dan bahasa pemrograman, Anda tidak usah berkecil hati jika belum terlalu akrab dengan hal tersebut. Saat ini sudah banyak tersedia tutorial online mengenai hal tersebut. Selamat mencoba.