Cara Memulai Bisnis Online
dewaweb

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dalam 8 Langkah Mudah

Posted on

Salah satu model bisnis yang banyak diminati orang karena kemudahannya adalah bisnis online. Apakah Anda salah satu yang tertarik mempelajarinya? Siapa pun bisa memulai bisnis online selama menggunakan panduan yang tepat. Untuk menambah wawasan Anda, dalam artikel ini kami merangkum beberapa langkah memulai bisnis online untuk pemula agar berjalan sukses. Dimulai dari tahapan menentukan produk atau jasa yang akan dijual hingga cara terbaik memasarkannya kepada konsumen potensial. Yuk, coba simak detail informasi mengenai tahapan cara mulai bisnis online untuk pemula di bawah ini!

  1. Menemukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online yang menjanjikan bagi pemula ialah menemukan masalah yang dihadapi pasar. Saat Anda bisa memasarkan produk sesuai kebutuhan pasar, maka Anda memiliki kesempatan besar untuk memenangkan pasar.

Untuk itu, pertama kali yang harus Anda fikirkan ialah apakah produk atau jasa Anda memang dibutuhkan pasar dan apakah produk tersebut mampu menyelesaikan masalah konsumen?

Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengidentifikasi masalah yang dihadapi konsumen, kemudian cari business opportunity dan tidak terpaku pada asumsi sendiri. Pastikan Anda memilih masalah yang sesuai dengan potensi bisnis.

Untuk mendapatkan masalah di pasaran, Anda bisa melakukan observasi melalui internet, sosial media, forum review dan sebagainya.

  1. Riset Pasar

Berikutnya untuk mengetahui cara bisnis baju online atau produk lainnya, Anda perlu melakukan riset pasar setelah mengetahui dengan pasti masalah yang ingin diselesaikan. Dalam berbisnis, Anda membutuhkan data objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat.

Dengan riset pasar, Anda bisa mendapatkan berbagai data penting sebagai acuan memulai bisnis. Beberapa riset sederhana yang bisa Anda lakukan ialah dengan meriset keyword atau kata kunci. Cara ini memudahkan Anda mengetahui tren pasar di mesin pencari.

Dari hasil pencarian nantinya akan muncul masalah yang banyak dicari hingga solusi yang dibutuhkan pengguna internet tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset melalui tren media sosial, bergabung ke forum tertentu hingga membuat survei dan dibagikan melalui internet.

  1. Analisis Kompetitor

Dalam memulai bisnis online tanpa modal, Anda harus mampu mengalahkan kompetitor. Pertanyaannya, bagaimana cara melakukannya saat Anda sendiri masih belum tahu apa-apa. Nah, langkah sederhana yang harus Anda lakukan ialah mempelajari para kompetitor terlebih dahulu.

Coba cari tahu apa saja kelebihan bisnis saingan, bagaimana cara kompetitor mendekati konsumen dan apa saja kekurangan yang mereka miliki. Dengan data objektif mengenai kompetitor, Anda bisa menciptakan suatu produk atau jasa yang bisa bersaing dengan mereka.

Langkah penting yang harus dilakukan ialah mengelompokkan kompetitor menjadi kompetitor utama, sekunder dan tersier. Kemudian kunjungi website mereka untuk mencari tahu deskripsi produk atau jasa yang dijual hingga cara berinteraksi dengan konsumen. Kunjungi pula laman sosial media dan review kompetitor.

Yang tidak kalah penting, pastikan untuk mengidentifikasi market positioning kompetitor dan terakhir bandingkan harga yang digunakan para kompetitor tersebut sehingga Anda bisa menentukan harga yang tepat saat mulai bisnis online modal kecil.

  1. Mencari Model Bisnis

Langkah penting belajar bisnis online selanjutnya ialah mencari model bisnis yang ingin digeluti. Meskipun bisa saja Anda menjual produk yang sama dengan pesaing, namun Anda harus menggunakan strategi penjualan yang berbeda untuk mencapai keuntungan.

Dalam kasus pemula dalam bisnis online, Anda bisa melakukannya tanpa melibatkan penjualan produk fisik.  Dengan kata lain Anda bisa bekerja sama dengan brand dan mempromosikan produk orang lain seperti yang terjadi dalam skema affiliate marketing, menjadi publisher via Google Adsense, menjadi dropshipper dan sebagai cara belajar internet marketing gratis lainnya.

Beberapa bisnis tersebut sangat cocok untuk pemula dalam bisnis online yang ingin meminimalisir modal.

  1. Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar merupakan skenario paling penting dalam belajar bisnis online. Riset pasar dan analisis kompetitor menjadi dasar untuk loncat ke tangga berikutnya, yaitu menentukan target pasar. Target pasar ialah kumpulan orang dengan karakteristik tertentu dan kemungkinan besar berpotensi membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dalam berbisnis, setiap produk atau jasa itu memiliki pasarnya masing-masing. Misalnya, memang sama-sama produk jam namun brand Rolex dan Casio memiliki target pasar yang berbeda. Di mana Rolex lebih menargetkan kalangan high class, sementara Casio menargetkan pasar kelas menengah.

Dengan menentukan target pasar yang lebih spesifik, Anda dengan mudah bisa mengembangkan produk atau jasa sesuai kebutuhan pasar. Anda juga lebih mudah menyusun strategi bisnis internet tanpa modal.

  1. Membuat Produk

Tahapan melakukan bisnis online berikutnya ialah membuat produk atau jasa yang ingin dijual. Berdasarkan hasil riset pasar, analisis kompetitor dan hasil penentuan target pasar, selanjutnya Anda bisa memilih bahan baku produk yang paling tepat.

Coba pertimbangkan, apakah target pasar Anda mementingkan harga dibandingkan kualitas atau sebaliknya. Lalu apakah Anda perlu mengurangi kualitas bahan baku untuk menekan harga penjualan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab berdasarkan data dari riset pasar, target pasar dan hasil analisis para pesaing dalam bidang bisnis yang sama.

Untuk itu, amat sangat penting memastikan jika produk atau jasa yang Anda jual telah sesuai dengan kebutuhan pasar dan memiliki unique selling point saat mempelajari tentang bagaimana memulai bisnis online yang menjanjikan.

  1. Membangun Website

Untuk menjalankan bisnis online, belum lengkap jika Anda tidak memiliki website bisnis. Jika saat berbisnis offline Anda membutuhkan toko fisik, maka saat memutuskan memulai bisnis online Anda harus membangun sebuah website untuk bisnis.

Pasalnya dalam sebuah survei diketahui jika sebanyak 56 persen konsumen tidak percaya pada bisnis online tanpa modal dan terpercaya yang tidak memiliki website bisnis. Lalu, coba bayangkan apa yang akan terjadi jika konsumen tidak percaya pada bisnis online yang Anda kembangkan?

Tentu hasilnya rugi dan Anda harus mencari alternatif lain secepatnya sebelum para kompetitor merebut pelanggan Anda. Dengan memiliki website resmi, Anda akan mendapatkan domain.

Sederhananya, domain ialah alamat website unik yang akan mengarahkan konsumen mengunjungi web resmi bisnis Anda. Perlu diketahui pula, membuat website bukanlah hal yang sulit karena Anda tidak perlu menguasai programming atau coding terlebih dahulu.

Caranya, coba mulai menggunakan WordPress untuk membangun sebuah website bisnis online. Atau jika Anda ingin yang lebih profesional, jangan ragu menggunakan jasa membuat website bisnis terpercaya sebagai langkah atau cara bisnis online bagi pemula.

  1. Memasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Terakhir, tiba saatnya di mana Anda harus memasarkan bisnis online yang sudah dibangun. Teknik pemasaran bisnis online tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan strategi yang tepat untuk bisa memasarkan bisnis pada target yang telah ditentukan. Lalu,  bagaimana cara bisnis online dengan strategi yang tepat? Beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa Anda terapkan ialah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan Google Bisnisku.
  • Melakukan optimasi SEO.
  • Memaksimalkan promosi melalui media sosial.
  • Dan sebagainya.

Bagaimana? Sudahkan Anda paham bagaimana cara memulai bisnis online yang efektif. Semoga penjelasan di atas bisa dijadikan referensi bagi para pemula yang ingin menguasai bisnis online dengan mengusai cara belajar bisnis online dari nol.

10 thoughts on “Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dalam 8 Langkah Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *