Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 Agar Tidak Lemot

Posted on

Apabila kamu memakai laptop keluaran terbaru, tentunya sistem operasi langsung otomatis memakai Microsoft seri terbaru. Sudah pasti Windows 10 yang menjadi fitur terkini begitu menawarkan sejumlah keunggulan dibanding kualitas sistem sebelumnya. Tetapi jika sistemnya berjalan lambat, tentu kamu harus segera menemukan solusi dan cara mempercepat kinerja laptop windows 10 supaya tidak menganggu pekerjaan.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

Bila kamu ingin mencari solusi, salah satu langkah awal yang harus kamu gunakan adalah merubah pengaturan daya dan restart Laptop. Sistem penghemat data yang bekerja di Windows 10 memang jika dijalankan akan memaksi Laptop untuk bekerja lebih lambat. Dengan mengaturnya ke metode High Performance dan kemudian melakukan restart, mungkin masalah sudah bisa diminimalkan. Laptop akan kembali lancar lagi.

Namun jika cara diatas masih belum bisa memaksimalkan kinerja Windown 10, berikut ini sejumlah cara lain yang juga bisa kamu coba.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

1. Matikan Program Starup

Banyaknya program yang berjalan saat laptop dinyalakan juga menjadi masalah paling sering tidak kamu sadari. Layanan dan program startup memang tidak terdeteksi dan kamu tidak akan pernah mengeceknya. Program tersebut antara lain Evernote Cliper atau OneDrive. Maka mulai saat ini silahkan mengeceknya. Untuk mematikannya adalah :

  • Klik Kanan pada Start Mode, dan klik Task Manager.
  • Klik Starup, lihat beberapa program yang sedang berjalan. Untuk mematikan klik kanan dan pilih Disable.

Masuk ke menu Task Manager memang berguna untuk memantau beberapa program yang langsung berjalan saat kamu menyalakan Laptop.

Baca Juga : 

♦ Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 10

♦ Download Tema Window 10 Keren

♦ Aplikasi Belajar Online dari Rumah

 

2. Menghapus Sejumlah Software Yang Tidak Digunakan

Software atau disebut dengan perangkat lunak memang terkadang digunakan namun jarang terpakai. Namun beberapa software memang memiliki ukuran besar dan tanpa kamu sadari akan mengurangi internal penyimpanan, dan ini menyebabkan lemotnya laptop atau PC Anda.

Untuk memeriksa aplikasi yang telah Anda instal, buka Control Panel > Programs > Programs and Features> Uninstall a Program.

Anda dapat melakukan klik kanan pada program yang tidak Anda perlukan lagi dan pilih Uninstall. Windows 10 akan meminta izin untuk melakukan perubahan pada sistem Anda dan klik Yes untuk melanjutkannya.

Masalah akan terselesaikan. Jika masih belum maksimal, silahkan gunakan langkah berikutnya.

3. Matikan dan Restart Laptop

Secara otomatis, Windows 10 memang akan membuat layar tertidur, tetapi perangkat itu akan melanjutkan program apa pun yang sebelumnya telah dimulai. Program-program itu dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan berujung pada melambatnya laptop Anda.

Matikan laptop setiap hari setelah Anda selesai menggunakannya, dengan mengklik tombol Windows dan memilih opsi Power. Pastikan semua program yang sedang berjalan telah ditutup dan simpan pekerjaan yang Anda lakukan sebelumnya. Apabila laptop Anda melambat hingga tidak dapat menampilkan menu Windows, tahan tombol power secara manual hingga komputer benar-benar mati.

4. Jalankan Disk Cleanup

Windows 10 menyediakan fitur Disk Cleanup yang juga bisa memberikan solusi saat Laptop dalam kondisi lemot. Dengan menjalankannya maka kamu akan mudah memantau gambar, file unduhan, websit yang sudah tidak digunakan. Kamu harus menghapusnya untuk mengosongkan internal supaya kembali normal lagi.

Caranya adalah :

  • Klik pada menu Windows. Lalu klik Disk Cleanup pada pencarian program.
  • Tandai semua kotak dengan mencentangnya.. Lalu klik Clean up System Files. Biarkan program berjalan sampai semua file terhapus maksimal.

Program Disk Cleanup akan menampilkan ukuran dan jumlah ruang yang akan dihapus. Jumlah internal pun akan kembali setelah file yang tidak digunakan terhapus.

5. Lakukan Pembaruan

Microsoft terus merilis pembaruan untuk Windows 10 yang dirancang untuk memperbaiki bug yang mengurangi kinerja sistemnya. Salah satu tips yang bisa dilakukan jika kinerja Pc Anda menjadi lambat adalah buka menu Windows dan ketik “Update” di bilah pencarian. Lalu klik ‘Periksa Pembaruan’ untuk mengakses pengaturan Anda.

Apabila pembaruan yang besar tersedia, terlebih dahulu pastikan untuk menyimpan dan mencadangkan data pribadi Anda. PC Anda mungkin perlu di-restart beberapa kali untuk menerapkan semua pembaruan tersebut. Apabila pembaruan terakhir sudah lama, klik Check for Updates setelah memulai ulang untuk memastikan tidak ada lagi pembaruan yang tersedia.

6. Tingkatkan RAM Laptop

Untuk menunjang cepat tidaknya Laptop juga tergantung RAM yang tersedia. Jika ingin lebih ringan digunakan, kamu bisa menambahkan jumlah RAM. Windows 10 akan bekerja maksimal pada RAM minimal 4GB. Jika ingin menambah kecepatan silahkan tambahkan slot RAM baru.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 dengan Uprade RAM

Silahkan membuka Task Manajer atau ketik CTRL+ALT+DEL dan pilih ikon Performance. Pada tampilan tersebut kamu akan mendapatkan jumlah maksimal slot RAM yang tersedia beserta jenis yang cocok dipasangkan di slot tersebut.

7. Nonaktifkan Efek Transparansi

Selain menonaktifkan bayangan, animasi, serta efek visual, Anda juga harus menonaktifkan efek transparansi yang digunakan Windows 10. Windows memerlukan tenaga untuk menciptakan efek transparansi ini, dan mematikannya dapat membuat perbedaan menjdi lebih baik dalam kinerja sistem.

Untuk melakukannya, pertama pilih opsi Pengaturan. Selanjutnya pilih Personalization > Colors dan matikan Transparency Effects.

8. Pindai komputer secara berkala

Bukan rahasia jika virus atau software berbahaya (malware) bisa berdampak pada performa komputer. Untuk mencegah program negatif tersebut masuk, Anda bisa memindai (scan) komputer secara berkala. Windows 10 sendiri dibekali dengan fitur keamanan yang bisa memindai komputer dari virus, malware, hingga aplikasi mata-mata (spyware).

Fitur ini bisa diakses dengan memasukkan kata kunci “virus & threat protection” di menu Start dan tekan Enter. Kemudian, klik tombol “Quick scan” untuk memindai komputer. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Apabila program berbahaya ditemukan, fitur ini bisa membersihkannya secara otomatis, sehingga Anda tak perlu repot membersihkannya secara manual.

Dengan menggunakan beberapa langkah diatas, cara mempercepat kinerja laptop windows 10 sudah bisa kamu pahami. Untuk memaksimalkan pemakaian Windows 10 memang membutuhkan kejelian. Dan kamu sebagai pemakai laptop memang juga harus rajin melakukan perawatan untuk terus menjaga performanya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *