Cara Undo di Laptop

Ini Dia Cara Undo di laptop Paling Mudah dan Cepat

Sering kali saat membuat dokumen atau desain, kita melakukan kesalahan yang cukup fatal. Daripada harus membetulkannya secara manual, lebih baik anda memanfaatkan fitur undo. Cara undo di laptop sangatlah mudah, bahkan tak mencapai 2 detik.

Cara Undo di Laptop

Undo adalah fitur bawaan laptop dengan perintah pembatalan langkah yang dilakukan oleh pengguna. Fitur ini biasanya terdapat di Ms Office ataupun platform pembuatan dokumen lainnya. Nah, penasaran bagaimana cara kerja fitur ini? simak informasinya dalam ulasan berikut!

Baca Juga : Cara Ubah Wallpaper Laptop

Cara Undo di Laptop dan Komputer

Saat usaha memperbaiki kesalahan dokumen, terkadang pengguna melakukan step yang justru memperparah keadaan. Situasi ini tentu sangat menjengkelkan, terutama saat dikejar deadline kerja atau tugas. Oleh karena itu, fitur undo ini sangatlah bermanfaat dan berjasa bagi pengguna laptop dan PC.

1. Membatalkan Perintah dengan Fitur Undo

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa undo adalah fitur bawaan laptop atau komputer yang berfungsi untuk membatalkan perintah. Lebih praktis lagi, pengguna bisa mengecek semua revisi yang dilakukan menggunakan fitur ini. Jadi anda bisa memilih bagian editing dokumen mana yang ingin dilanjutkan.
Untuk menggunakan fitur undo, simak penjelasan detailnya di bawah ini;

  • Untuk membatalkan perintah di Ms Word dan Ms Excel, anda bisa beralih ke quick access toolbar. Bagian ini terletak di bagian kiri atas layar dan berisi ikon jalan pintas untuk melakukan perintah tertentu. Ikon undo biasanya terletak di baris kedua dengan ikon ‘’←’’. Pengguna tinggal mengklik ikon tersebut, sampai menemukan bagian dokumen yang diinginkan
  • Jika malas menggerakan mouse atau kursor menuju toolbar, ada cara lain yang lebih praktis dan mudah. Yakni dengan memadukan kombinasi tombol ‘’CTRL + Z’’. Secara otomatis dokumen akan membatalkan langkah yang telah dibuat pengguna sebelumnya.
  • Tepat di sebelah kanan ikon undo, terdapat tombol panah kecil yang mengarah ke bawah. Dengan mengklik tombol ini, anda bisa melihat semua pembatalan perintah yang telah dilakukan. Klik salah satu revisi untuk melanjutkan ke tahap pembuatan dokumen selanjutnya.

 

Baca Juga : Cara Mengubah Kamera Android Menjadi Kamera Iphone

2. Membatalkan Perintah Undo Melalui Redo

Ingin membatalkan perintah undo, tapi tak tahu bagaimana caranya?! mudah sekali, anda tinggal memanfaatkan fitur Redo. Fitur ini berfungsi untuk membatalkan perintah undo yang telah dilakukan sebelumnya.

Contohnya, ketika membuka dokumen anda membuat kesalahan dengan mengetik kata ‘’Satu’’. Untuk menghapusnya, anda tinggal mengklik ikon undo, maka secara otomatis kata tersebut akan terhapus.
Jika anda menginginkan kata ‘’satu’’ tersebut kembali, anda tak perlu menuliskannya lagi. Melainkan tinggal klik ikon ‘’Redo’’, maka secara otomatis kata tersebut akan muncul kembali.

Ikon Redo ini terletak di quick access toolbar di bagian kiri atas layar laptop. Tepatnya di sebelah kanan ikon undo dengan ikon berbentuk ‘’↑’’

Jika ingin lebih praktis dan cepat, anda bisa mengaktifkan fitur redo melalui kombinasi tombol ‘’CTRL + Y atau F4’’. Jika tombol F4 tidak berfungsi, beralihlah ke tombol F-Lock > F4.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai cara undo di laptop. Fitur ini memiliki fungsi dan manfaat yang cukup banyak bagi pengguna, khususnya Ms Office. Karena bisa mempersingkat waktu untuk memperbaiki kesalahan dalam pembuatan dokumen atau desain.

Selain itu, cara pengaktifan fungsi ini juga sangat mudah, tak memakan waktu lebih dari 1 detik. Sehingga bagi seorang pemula pun bisa dengan mudah menggunakannya.