Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Posted on

Terkadang anda tidak sengaja menghapus file secara permanen dari smartphone. Proses pengembalian file tersebut akan lebih mudah, jika android sudah terhubung dengan cloud storange. Tapi bagaimana jika tidak terhubung? Anda bisa menggunakan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android. Simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi untuk Memulihkan File yang Sempat Hilang

  1. DiskDigger

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan foto dan gambar, yang hilang dari kartu memori. Anda bisa menginstall aplikasi lewat Google Play Store, setelah terpasang cari folder tempat file tersebut hilang. Selanjutnya tentukan format dan tekan tombol OK, aplikasi akan melakukan scan file yang bisa dikembalikan. Kemudian pilih recover selected files dan save.

  1. Dumpster

Jenis aplikasi mirip Recycle Bin pada komputer, sehingga file tidak langsung terhapus secara permanen. Bisa dibilang aplikasi Dumpster mencegah file terhapus secara tidak sengaja, dan mengembalikannya ke folder awal. Anda bisa mendapatkan aplikasi melalui Google Play Store, dan atur pengaturannya.

BACA JUGA :

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Aplikasi Mengembalikan File Yang Terhapus Terbaik 2020

  1. Deleted Photo Recovery

Cara mengembalikan file yang terhapus di android ialah, dengan menginstall deleted photo recovery. Aplikasi berguna untuk memulihkan foto yang dihapus dari galeri smartphone, secara tidak sengaja. Untuk penggunaannya tekan tombol start recovery dan pilih foto yang akan dikembalikan.

  1. Recuva

Software recovery ini diklaim mampu memulihkan data yang hilang, baik dari memori internal atau eksternal. Caranya anda perlu menyambungkan smartphone ke PC, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diarahkan. Namun anda perlu mendownload software terlebih dahulu di PC.

  1. Dr. Fone

Aplikasi recovery yang bisa mengembalikan foto, video, kontak, pesan, hingga log panggilan. Tingkat pemulihan data terbilang sangat cepat dengan kemampuan transfer file, antara perangkat dengan PC secara nirkabel. Setelah aplikasi terpasang di smartphone pilih menu Recovery, secara otomotis semua file akan kembali.

Smartphone kini beralih fungsi sebagai tempat penyimpanan data, yang terkadang menghabiskan space memori. Saking banyaknya file anda tanpa sengaja menghapus beberapanya. Ketika hendak digunakan anda kebingungan mencari file tersebut, maka anda perlu menggunakan aplikasi recovery. Tujuannya untuk mengembalikan file yang terhapus, dan kembali pada folder awal.