Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format Anti Ribet dan Mudah

Posted on

Biasanya, dalam membuat tugas kamu menyimpannya menjadi beberapa file dokumen. Seperti halaman pembuka sendiri, kemudian bab I, dan seterusnya. Hal tersebut kerap dilakukan dengan tujuan mempermudah dalam mengerjakan tugas seperti skripsi atau makalah yang dibagi menjadi beberapa bagian. Kemudian di sini akan diulas lengkap mengenai cara menggabungkan file word tanpa merubah format .

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format

 

Memisahkan beberapa dokumen menjadi beberapa bagian. Sehingga memudahkan dalam mengerjakan tugas. Seperti ketika diminta untuk mengupload tugas dari bagian per bagian. Biasanya, dosen meminta diupload bab per bab melalui email atau portal web.

Kemudian pada akhir tugas, tinggal menyatukan file word sesuai dengan urutannya. Sehingga tugas sudah tergabung sesuai dengan urutan. Namun cara menggabungkan tersebut yang membuat kebanyakan orang bingung. Sebab ada beberapa cara yang memang tidak diketahui.

Selama ini, banyak yang menggunakan cara manual copy paste. Padahal, hal tersebut membuat format dan struktur menjadi rusak. Sehingga, kamu harus mengaturnya ulang. Hal yang menjengkelkan bukan ? Maka dari itu, di bawah ini akan diulas lengkap mengenai penggabungan dokumen word dan tidak merubah format.

Baca Juga : 

♦ Cara Mendapat Auto Like Di Faceboook Tanpa Token

♦ Cara Menghapus Halaman Facebook

♦ Cara Merubah Data e KTP lewat WA

 

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format

File word dengan halaman berbeda yang dipisah, supaya bisa membentuk laporan caranya adalah digabungkan. Kemudian file terdepan yang tidak mempunyai halaman adalah bagian cover. Selain itu, format halaman yang digunakan biasanya menggunakan angka. Namun jika terpisah, maka dokumen tersebut harus disatukan. Berikut cara menggabungkan file word tanpa merubah format dan struktur pada dokumen.

  • Pertama, buka beberapa word terdepan untuk menggabungkan bagian belakang-belakangnya. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah aplikasi Microsoft Word yang digunakan. Sebab, di sini yang digunakan adalah yang versi 2013. Mugkin jika menggunakan versi yang lain, tampilannya sedikit berbeda saja.
  • Kedua, pastikan kursor dari mouse kamu berada pada baris terakhir halaman pertama,
  • Ketiga, geser kursor kebagian atas halaman atau toolbar dan kemudian cari menu page lay out,
  • Keempat, lanjutkan dengan memilih opsi Breaks dan klik pada Page. Seketika tampilan akan berubah, yang semula terlihat satu halaman akan menjadi dua halaman. Kemudian pastikan kursor berada pada baris terakhir dari halaman kedua,
  • Kelima, kamu pilih menu page lay out yang berada pada toolbar,
  • Keenam, pilih break dan kemudian klik pada opsi next page. Kemudian dokumen yang ditampilkan akan berubah lagi, yakni yang pada awalnya terdiri dari 2 halaman akan menjadi 3 halaman,
  • Ketujuh, kamu klik sebanyak 2 kali pada bagian footer sampai dengan muncul tampilan yang digunakan untuk mengedit bagian footer,
  • Kedelapan, kamu masuk ke toolbar design. Kamu klik hingga tampilannya berbentuk footer yang bisa dipilih. Pada bagian ini, kamu bisa memilih salah satu bentuk footer sesuai dengan keinginan. Sehingga tampilan akan berubah pada bagian bawahnya sesuai dengan keinginanmu. Namun dalam dokumen word, hanya bisa menampilkan satu jenis format saja. Kemudian halaman yang ditampilkan adalah angka 1, 2, 3, dan seterusnya.
  • Terakhir, kamu sebenarnya bisa mengubah format halaman tersebut setelah penggabungan word selesai. Atau diganti setelah dokumen penggabungan ditutup dan kemudian dibuka lagi untuk diedit

 

Penutup

Memang cara menggabungkan file word tanpa merubah format itu sedikit rumit. Sebenarnya kamu bisa mempelajarinya sembari melihat tutorial di You Tube. Hal ini memudahkanmu dalam menggabungkan file. Apalagi dengan penjelasan yang berbeda antara versi 2013 atau versi yang lain. Sebenarnya, kamu bisa menggabungan file dengan menggunakan cara online. Sehingga, kamu tidak ribet sendiri.

Oke cukup sekian, semoga artikel ini membantu dan semangat mengerjakan tugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *