cara mengetahui siapa yang menyadap wa kita

Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Posted on

WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menggunakan aplikasi yang satu ini memang sangat mudah akan tetapi jika kita ceroboh bisa disadap dan informasi pribadi bisa bocor. Anda harus tahu bagaimana cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita.

cara mengetahui siapa yang menyadap wa kita

Tanda dan Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Sebelum kita tahu siapa yang menyadap WA kita, ada baiknya jika kita mengetahui tanda-tanda disadap terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya akan lebih mudah menemukan siapa yang menyadap. Inilah dia tanda dan cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita:

1. Tidak Bisa Masuk ke WA Sendiri

Tanda pertama jika WA disadap adalah tidak bisa masuk ke WA sendiri. WA kita akan terbukti disadap jika tidak bisa masuk sebab WhatsApp melarang aplikasi digunakan untuk dua perangkat. Sebelumnya, biasanya akan muncul WA atau SMS kode OTP ke nomor asli.

Untuk mengetahui siapa yang menyadap WA Anda adalah orang yang pastinya telah meminjam HP. Bahkan hanya meminjam dalam waktu sebentar saja karena kode OTP hanya berlaku dalam beberapa menit saja.

Lalu, bagaimana jika tidak ada SMS kode OTP tersebut? Sudah tentu jika ia berniat jahat pesan tersebut telah dihapusnya terlebih dahulu sebelum HP dikembalikan.

Baca Juga : 

♦ Cara Melihat Status WA tanpa menyimpan Nomor

Cara Menebalkan Tulisan di WA

♦ Cara Melihat Postingan Facebook Orang lain

 

2. Muncul Notifikasi Aktif pada WhatsApp Web

Tanda yang kedua adalah munculnya notifikasi aktif untuk WhatsApp Web. Ya, WhatsApp memberikan keleluasaan bagi Anda untuk menggunakan aplikasi ini melalui desktop. Dan yang pasti adalah atas izin Anda sendiri melalui barcode.

Lalu, siapa yang menggunakannya? Kemungkinan besar adalah mereka yang laptopnya Anda gunakan untuk masuk ke WhatsApp Web. Mereka bisa mengakses bahkan dengan jarak jauh sekalipun.

Selain itu, orang-orang yang ada di warnet juga bisa mengaksesnya apabila Anda telah log in melalui komputer di sana. Anda telah log in dan tidak dikeluarkan lagi sehingga mereka bahkan bisa melihat pesan-pesan di sana.

Orang yang juga bisa Anda curigai adalah pasangan Anda sendiri. Mereka yang punya akses kepada HP Anda dengan waktu cukup lama. Karena ada 3 orang yang dicurigai pada saat ini maka ada solusi pastinya.

Lihat pada bagian riwayat masuk di WhatsApp web. Lihat perangkat apa yang digunakan untuk masuk ke dalam WhatsApp Anda. Selain itu ada juga waktu terakhir digunakannya. Untuk membasminya klik agak lama pada perangkat yang digunakan dan klik keluar.

Setelah itu maka siapa saja yang sudah masuk menggunakannya sudah tidak bisa mengakses kembali itu semua. Kemungkinan data Anda diambil mungkin ada namun memang sebaiknya segera diakhiri untuk mencegah lebih parah lagi.

3. Pesan Tiba-tiba Terbaca dan banyak Pesan atas Nama Anda tapi Bukan Anda

Tanda terakhir adalah pesan yang tiba-tiba terbaca padahal Anda tidak membukanya. Tak hanya itu saja, banyak juga pesan atas nama Anda yang dikirimkan ke banyak kontak. Biasanya orang-orang akan bertanya kepada Anda mengenai kebenarannya.

Hal ini dikarenakan tulisan yang dikirim merupakan tempat yang pastinya berbeda dengan tulisan Anda. Kebanyakan juga adalah penipu yang berkedok meminta uang kepada korban. Jadi, seolah-olah adalah Anda yang meminta pinjaman uang kepada teman.

Hal ini sangat berbahaya apalagi korbannya sudah sangat banyak. Untuk ini ada banyak kemungkinan yang bisa dicurigai. Namun, umumnya adalah mereka yang hebat dalam bidang IT. Bisa saja mereka adalah orang yang mengacak nomor, minta kode OTP, dan Anda kirimi.

Itulah dia beberapa cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita. Walaupun Anda sudah tahu caranya sebaiknya Anda hati-hati dalam menggunakan gadget atau log in WhatsApp web di mana-mana. Jangan sampai karena kecerobohan sendiri bisa membuat Anda menjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *