Biaya Website Per Tahun

Biaya Website per Tahun yang Harus Diketahui Para Pemula

Posted on

Anda sangat menyukai dunia tulis-menulis atau ingin buka toko online sehingga ingin memiliki website sendiri. Tentu saja Anda harus mencari tahu mengenai biaya website per tahun di tahun 2022. Pilih biaya pembuatan website yang sekiranya masuk dalam anggaran dana Anda.

Biaya Website Per Tahun

Tidak perlu langsung berlangganan dengan yang paling mahal atau berkualitas tinggi sebagai langkah awal. Nanti kalau sudah memiliki lalu lintas tinggi baru bisa upgrade ke tingkat yang sedikit lebih mahal.

Biaya Website Per Tahun dari Beberapa Pertimbangan

Mencari lalu lintas atau pengunjung website bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun Anda tidak perlu berkecil hati dan bisa memulai dengan mencari tahu biaya website per tahun ataupun biaya website per bulan. Mengenai beberapa pertimbangan yang mempengaruhi biaya-biaya tersebut akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

 

Baca Juga : Hal Penting dalam Membeli Domain

Desain Website

Tidak bisa dipungkiri bahwa tampilan dari suatu website dapat mempengaruhi kenyamanan para pengunjungnya. Anda harus mempertimbangkan penggunaan font, template, tema, sekaligus konten-konten di dalamnya. Seseorang yang berkeinginan memiliki website dengan desain rumit sudah pasti harus membayar lebih mahal.

Desain-desain yang rumit tersebut harus dibuat secara khusus oleh ahlinya dan inilah yang membuatnya mahal. Tak jarang beberapa desain yang rumit memerlukan kemampuan programmer. Tenaga professional ketika mendesain sebuah website rumit bisa sampai menghabiskan dana 10 jutaan rupiah.

Hanya website-website untuk perusahaan besar saja yang biasanya memesan desain yang sangat rumit. Sedangkan seorang pemula dalam mengelola website disarankan untuk menggunakan tema yang gratis saja.

Fitur Utama Website

Biaya website yang juga menjadi pertimbangan mahal atau tidaknya didasarkan atas fitur utamanya. Contoh dari fitur utama yang dimaksud berupa nama domain, sertifikat SSL, dan juga hosting. Nama domain sendiri berupa alamat khusus yang biasanya sama dengan nama brand.

Sedangkan hosting sendiri lebih mirip dengan server yang dipakai untuk penyimpanan website Anda. Sistem penyimpanan tersebut tersedia dengan harga terjangkau walaupun ada juga yang mahal. Sedangkan untuk sertifikat SSL sendiri berperan dalam enkripsi data website sehingga aman dari pencurian data. Untuk hosting terbaik Anda bisa membaca artikel kami rekomendasi hosting terbaik .

Fungsionalitas

Sebuah website juga bisa saja didesain berdasarkan fungsinya seperti website e-commerce. Website e-commerce diketahui harus memiliki menu-menu seperti opsi pembayaran, manajemen stok, berbagai halaman produk, pengiriman, dan lain sebagainya. Pembuatan dari website toko online umumnya memiliki seluruh fungsi tersebut sehingga orang yang menginginkannya harus memahami dengan harga cukup tinggi.

Tidak heran kalau sebagian besar pengembangan website e-commerce memerlukan investor. Tentu saja pada tahapan ini sudah bukan pemula lagi yang bermain. Apabila Anda berniat untuk membuat website toko online Anda disarankan untuk menggunakan template gratis yang tersedia banyak di internet.

 

Baca Juga : Vps Hosting Indonesia Terbaik

Plugin dan Add on

Faktor lainnya yang harus dipertimbangkan untuk dibayar adalah keberadaan plugin dan add-ons. Beberapa plugin memang tersedia secara gratis, tetapi banyak juga fitur-fitur premium yang baru bisa dipakai ketika melakukan pembayaran. Di sinilah Anda harus benar-benar mempertimbangkan apakah memerlukan fitur-fitur premium atau tidak.

Sebagai langkah awal tidak ada salahnya untuk memilih menggunakan plugin berfitur gratis dahulu. Jika memang sebulan setelah penggunaan plugin Anda menyadari perlu terhadap fitur-fitur premium, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Setelah berlangganan terhadap fitur-fitur premium penting juga untuk melakukan berbagai pertimbangan lainnya juga.

Sistem Pemeliharaan

Pada dasarnya setiap website perlu proses maintenance setiap periode waktu tertentu. Maintenance sendiri bisa dilakukan dengan tool gratis atau memilih yang berbayar. Jika memang proses maintenance dianggap rumit biasanya memerlukan tenaga profesional.

Kalau sampai menggunakan tenaga profesional maka bisa dipastikan harga yang harus dibayar cukup tinggi. Proses pemilihan tenaga profesional pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa berdampak langsung terhadap website yang merupakan ruko Anda di dunia virtual.

Hampir semua website e-Commerce selalu menghabiskan budgetnya untuk hal ini. Sistem pemeliharaan yang berkualitas diharapkan mampu membuat website terbebas dari bug dan aman dari virus.

Jadi itu semua harus Anda pertimbangkan ketika ingin memiliki sebuah website. Selalu sesuaikan dengan anggaran dana yang tersedia supaya tidak mengganggu arus keuangan bulanan lainnya.