Apa Itu Fanpage Facebook

Apa itu Fanpage Facebook dan Cara Membuat Fanpage Facebook

Posted on

Apa itu fanpage facebook dan Cara Membuat Fanpage Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan angka pengguna terbesar di Indonesia. Banyak user menggunakan facebook untuk keperluan personal maupun untuk bisnis. Untuk user yang menggunakan facebook untuk bisnis, bisa memanfa’atkan fasilitas facebook berupa Grup Facebook, Fanpage ( halaman fb ) dan lain-lain. Pada artikel ini kita akan membahas Apa itu fanpage facebook ?

Apa Itu Fanpage Facebook

 

 

Apa itu fanpage facebook ?

Fanpage facebook adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.

Setiap orang memiliki pengertian fan page facebook sendiri sesuai dengan apa yang mereka pahami.

Sebagai mana kita ketahui, media sosial saat ini telah menjadi hal yang penting dalam kehidupan masyarakat jaman now. Bisa dikatakan tiada hari tanpa medsos. Apalagi ditunjang perkembangan handphone yang semakin memanjakan pengguna medsos.

Manfaat Fanpage Facebook untuk Bisnis

Jumlah Fans Tidak Terbatas

Jumlah Fans pada halaman facebook tidak ada batasan maksimal seperti pada akun personal yang dibatasi hanya 5000 orang. Dengan tidak ada batasan pengikut suatu fanpage, tentu sangat menguntungkan jika dimanfa’at untuk bisnis, dalam rangka menjangkau sebanyak-banyaknya orang ( pelanggan ).

Audience Lebih Tertarget

Saat seorang membuat Fanpage biasanya akan memilih suatu Niche tertentu, tergantung kebutuhannya. Dengan penentuan Niche maka audience yang dibidik lebih tertarget, yang sesuai dengan niche tersebut.

Demikian juga konten pada fanpage sifatnya lebih sesuai niche yang ditentukan. Walaupun ada juga user yang menggunakan fanpage dengan niche gado-gado.

Walaupun tetap berbeda dengan postingan di facebook personal.

Dengan konten yang tertata ini lah fanspage akan menjangkau penggemar dengan lebih meyakinkan. Kita akan terlihat spesialisnya jualan ini atau ahli dalam bidang itu.

Profesional dan Terpercaya

Dengan konten yang terpisah dan terarah, sebuah bisnis di Facebook akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Apalagi jika dengan memaksimal foto profil dan sampul yang bagus, akan semakin nampak profesional.

Dengan demikian, kepercayaan orang- orang dalam membeli produk Anda akan meningkat.

Feedback dan Kontak dari Konsumen

Penggemar bisa leluasa menghubungi Anda untuk menanyakan produk lewat kolom komentar atau messenger. Saat feedback yang mereka berikan positif, dampak psikologis ini bisa mengena ke penggemar yang lainnya.

Selain itu, karena kemudahan untuk menghubungi lewat komentar atau messenger, peluang terjadi penjualan menjadi lebih mudah dari sekedar facebook personal.

Apalagi jika kita memasukan nomor telepon untuk aplikasi whatsapp di halaman facebook, maka komunikasi dengan pengikut fanpage akan semakin mudah.

Terindeks Search Engine

Konten dari fanpage akan terindeks dengan lebih baik oleh mesin pencari karena dinilai lebih terpercaya dan memberikan informasi yang berkualitas. Konten dengan engagement baik juga akan mempunyai bobot yang lebih baik.

Dari pengamatan saya, fanpage bisa terindeks dengan cepat oleh google search. Dan peringkatnya masuk kategori mudah untuk masuk ke halaman 1 pencarian dibandingkan blog atau website. Hal ini mungkin karena nilai Authority facebook yang tinggi.

Cara Membuat Fanpage Facebook

Saat Anda akan membuat fanpage atau halaman facebook, pastikan Anda sudah mempunyai akun personal lebih dulu. Selanjutnya, pastikan Anda sudah menyiapkan jenis fanpage yang ingin Anda buat, seperti nama dan niche/topik yang akan diusung.

Jika persiapan tersebut sudah, kini saatnya Anda mengikuti tutorial membuat fanspage Facebook berikut ini :

1. Login ke akun Facebook Anda, lalu masuk ke halaman Create Page.

Klik Create Page untuk membuat fanpage

2. Apakah Anda ingin membangun fanpage untuk bisnis/ brand atau untuk komunitas/ public figure?

Pilihlah kategori yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Masukkan nama halaman dan kategori yang sesuai, klik ‘Lanjutkan’

Mengatur nama fanspage dan kategori

4. Setelah klik Lanjutkan, Facebook akan meminta kita untuk melengkapi data kontak bisnis, seperti alamat dan nomer telepon

5. Upload foto profil & foto cover halaman .

Buatlah foto profil yang relevan dengan fanspage.

6. Selesai

Anda telah berhasil membuat akun fanspage Anda!

 

Pengaturan Lanjutan untuk Optimasi Fanpage Facebook

Setelah seleai dari step 6 di atas, halaman penggemar Anda secara teknis sudah selesai Anda buat. Selanjutnya, ada beberapa hal yang bisa segera dilakukan, yaitu :

  • Mengupdate username fanspage, dengan klik username di bawah nama fanpage (akan muncul opsi ini saat Anda belum mengubahnya)
  • Membuat postingan pertama untuk fanspage Anda
  • Mengundang teman- teman terdekat dengan fitur ‘invite friend’ untuk mendapatkan 10 fans pertama Anda

 

Cara mengatur usernama fanpage Facebook

Setelah tiga hal tersebut, Anda akan masuk ke bagian Setting atau Pengaturan :

  • Di bagian General, lakukan pengaturan secara umum untuk fanspage Anda. Page Visibility harus berstatus Published dan untuk Visitor Post akan Saya atur agar tidak semua orang bebas posting di halaman Facebook.
  • Saya juga mengatur agar semua orang bisa men-tag halaman dengan mudah.
  • Di bagian Page Info, Anda bisa mengatur informasi sesuai dengan halaman Anda, mulai dari deskripsi halaman, website, alamat, dan jam operasional
  • Di bagian Messaging, Anda bisa membuat greeting instan saat seseorang mengirim pesan ke fanspage Anda.
  • Fitur Templates & Tabs bisa Anda manfaatkan untuk membuat tab di laman Anda sesuai dengan kebutuhan
  • Bagian notification akan membantu Anda mengatur notifikasi yang ingin Anda ketahui
  • Di panel Page Rules dapat Anda manfaatkan untuk mengatur tim yang terlibat dalam pengelolaan fanpage dan bagaimana peran mereka.
  • Fitur Instagram akan membantu Anda untuk terhubung dengan akun Instagram bisnis Anda. Dengan fitur ini, saat Anda memposting di instagram maka akan terposting juga di halaman facebook Anda.

 

Optimasi Fanpage Facebook

Saat membangun sebuah fanpage, tentu kita ingin halaman ini menjadi salah satu media yang efektif dalam menginformasikan produk kita dan berpromosi. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan fanspage Anda :

Baca Juga : 

♦ Cara Mendapat Auto Like Di Faceboook Tanpa Token

♦ Cara Menghapus Halaman Facebook

 

1. Manfaatkan teman Facebook untuk menjadi fans pertama Anda

Pada tahap awal terkadang terasa lebih sulit daripada menambah fans setelah jumlahnya cukup banyak. Terlebih jika kita hanya memanfaatkan cara organik alias gratisan.

Namun, bukan berarti ini tidak mungkin untuk dilakukan. Itulah mengapa Facebook sendiri merekomendasikan Anda menggunakan fitur invite friend. Tujuannya agar Anda memperoleh puluhan atau bahkan ratusan fans pertama Anda.

Untuk menambah follower suatu halaman, Anda juga bisa menggunakan Iklan Facebook Ads. Iklan fb ads juga bisa untuk mempromosikan postingan-postingan yang ada di fanpage.

2. Variasi Konten

Hindari membuat konten yang itu- itu saja alias boring. Tujuan membuat fanspage adalah agar Anda membuat konten yang fokus dan tertata. Tapi bukan berarti boring.

Jika Anda menjual sesuatu, jangan posting melulu jualan karena pada dasarnya setiap orang tidak suka dijuali. Postinglah sesekali hal-hal yang bermanfa’at untuk pengikut halaman facebook Anda.

Cobalah untuk membagi konten Anda ke beberapa jenis, seperti edukasi customer, info produk, game/challenge, promo dan hiburan ringan. Konten tidak kaku harus sesuai produk, tapi juga jangan melenceng terlalu jauh.

Intinya, kita membuat konten sebagai jembatan komunikasi dengan penggemar. Jangan sampai penggemar merasa mereka dijejali dengan produk terus- menerus dan akhirnya jengah.

3. Timing yang Tepat

Hindari terlalu agresif dalam membuat konten, kecuali fanpage Anda adalah blog berita yang sudah besar. Untuk sebuah brand atau eCommerce, kualitas posting jauh lebih penting dibandingkan dengan kuantitas.

Jika Anda ingin memposting produk dan tidak ingin terlihat posting terus- terusan, cobalah untuk memposting beberapa foto sekaligus dalam satu kali post. Ini akan jauh lebih ringkas dan efektif.

Pastikan Anda memposting di waktu yang tepat, yaitu jam- jam dimana audiens Anda sedang online dan berselancar di Facebook mereka. Dengan begitu, tingkat keterlibatan pengguna akan baik.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mudah Posting/ Upload Banyak Foto Sekaligus di Instagram

4. Manfa’atkan konten Viral

Untuk menambah follower suatu halaman facebook , Anda bisa mencari konten yang bisa menjadi viral. Tentunya Anda harus meriset untuk membuat konten viral tersebut.

Selain itu Anda harus terus mengikuti berita-berita di media yang sedang rame jadi perbincangan orang, hal ini juga bisa menjadi konten viral.

Tentanga cara membuat konten viral, akan kami tulisa pada artikel tersendiri.

5. Selalu Monitoring Insight

Pada instagram maupun fanpage facebook, Anda harus memantau insight. Insight adalah data statistik performa fanspage. Dengan melakukan monitoring Insight secara reguler, Anda akan mengetahui jenis konten apa yang disukai audiens Anda, jumlah like, page view, dan lain- lain.

Data monitoring ini berguna sebagai panduan apa yang harus dilakukan pebisnis selanjutnya dan apakah strategi yang dilakukan secara keseluruhan untuk fanpage sudah berhasil atau belum.

Semoga artikel ini bermanfa’at.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *